Pengertian dan konsep birokrasi menurut max weber | Obrolan Kasur

Alasan kenapa Anda tidak suka "birokrasi" dan benci "birokrat" lalu sebenarnya apa dua hal itu dan apa tujuan dicipta...

Pengertian dan konsep birokrasi menurut max weber para ahli


Alasan kenapa Anda tidak suka "birokrasi" dan benci "birokrat" lalu sebenarnya apa dua hal itu dan apa tujuan diciptakannya birokrasi ?

Apa yang terlintas di benak anda ketika saya menyebutkan dua kata di atas ?

Sebagian besar dari anda akan memikirkan kata lamban, korup, malas dan kata bernada negatif lainnya kenapa kata-kata itu bisa tiba-tiba muncul ?

apakah karena dulu anda pernah punya pengalaman bikin ktp di kecamatan tapi dari tahun kuda kayu sampe tahun monyet api ktp nya belum juga keluar karena tidak ada uang tambahan yang anda berikan ?

atau karena anda pernah melapor ke kantor polisi karena semalam rumah anda kemalingan tp karena tidak punya uang, anda tidak punya keberanian untuk bilang ke pak polisi untuk membawa anjing herdernya ke tkp sehingga laporan anda hanya stop di level pencatatan laporan?

atau karena pengalaman personal lainnya dengan oknum-oknum tersebut yang membuat anda spontan membenci kata birokrasi.

Pertanyaannya, kalo cuman nyusahin kenapa ini diciptain? 

kek nya kurang adil kalo kita menilai sesuatu tanpa mengetahui dulu latar belakang karena apa hal itu terjadi. nah kebetulan tadi pas buka-buka file lama sebelum ini pc kesayangan di instal ulang bersih nemu coretan tugas kuliah pas awal-awal masuk kuliah dulu, salah satu nya ada yang berhubungan dengan dunia birokasi.

Arti birokrasi menurut perpustakaan dunia maya terbesar dunia Birokrasi itu berasal dari kata bureaucracy yang dalam bahasa inggris "bureau" dan "cracy". Bisa diartikan sebagai satu organisasi yang punya rantai komando dgn bentuk piramida, yang artinya ada lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, dan ini biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer.

Pengertian Birokasi Secara Etimologis 

Secara etimologis atau berdasarkan arti bahasa, kata birokrasi asalanya dari kata Biro yang berarti meja dan Kratein yang artinya pemerintahan, kalo di gabung jadi meja pemerintahan atau pemerintahan meja, ya kurang lebih kek gitu.

 Sama seperti situs lain yang gw baca dan nulis agak lucu pengertiannya secara etimologis, gw sepakat, tapi mungkin, ini penafsiran gw pribadi. Mungkin dulu yang menemukan atau menggabungkan arti kada ini punya niat suatu sistem harus kaku dan di patuhi, kek di ruang kelas, mau bagaimana pun tipikal kepribadian kita, seaktif apapun kita, ketika duduk di meja di kelas kita musti diem sama kek yg lainnya walaupun bapak kita bupati

Lalu pengertian birokasi menurut KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia versi Online birokrasi/bi·ro·kra·si/ n 1 sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan; 2 cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku-likunya dan sebagainya;

Loh kok kbbi di poin kedua ngomong kek gitu ya?

tenang jangan keburu negatif dulu ah, lanjutin aja dlu bacanya, coretan masa lalu gw baru dimulai cuy. Silahkan menikmati

Pengertian Birokrasi Menurut Para Ahli 

Menurut Michael G. Roskin birokrasi adalah "setiap organisasi yang berskala besar yang terdiri atas para pejabat yang diangkat, di mana fungsi utamanya adalah untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh para pengambil keputusan.

Idealnya, Menurut Michael G. Roskin birokrasi merupakan suatu sistem rasional atau struktur yg terorganisir yang dirancang sedemikian rupa untuk memungkinkan adanya pelaksanaan kebijakan publik yang efektif dan efisien. Selain itu, birokrasi juga disebut sebagai badan yang menyelenggarakan pelayanan publik.

Di dalam pendekatan institusional atau kelembagaan, khususnya di dalam skema, tercantum lalu-lintas administrasi negara dari eksekutif turun ke Kebijakan Administrasi, lalu ke Administrasi dan yang terakhir ke pemilih.

Artinya, setiap kebijakan negara yang yang diselenggarakan pihak eksekutif diterjemahkan ke dalam bentuk kebijakan administrasi negara, di mana pelaksanaan dari administrasi tersebut dilakukan oleh lembaga birokrasi.

Nah lembaga birokasi ini sering kita kenal dengan badan-badan seperti Departemen, Kanwil, Kantor Kelurahan, Kantor Samsat, dan saudara-saudaranya yang lain. Kantor-kantor tersebut merupakan badan-badan birokrasi negara yang mengimplementasikan kebijakan negara dan bersifat langsung berhubungan dengan masyarakat.

Arti birokrasi menurut bapak birokasi, Max Weber 

Teori birokrasi max weber merupakan salah satu teori yang masih terus dianut sampai dengan saat ini di era moderen. Namun sebelum kita membahas bersama-sama apa itu teori birokrasi Max Weber berdasarkan sudut pandang Max Weber. Kita akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu definisi organisasi dan apa beda organisasi dengan kelompok.

Yup, berbicara tentang teori klasik secara tidak langsung akan membawa kita pada pepatah klasik, yaitu tak kenal maka tak tau dan tak tau maka tak akan paham. Berdasarkan informasi yangtertulis di dalam buku Teori Komunikasi Morissan, Max weber adalah seorang pemikir yang memberikan perhatian sangat besar pada bagaimana manusia bertindak secara rasional untuk mencapai tujuannya.

Weber berusaha menjelaskan tentang proses sosial di mana menurutnya terdapat satu hubungan antara motivasi individu dengan hasil-hasil sosial.

Karya Weber menunjukkan atau mencerminkan pemikiran sosiopsikologi karena gagasannya menekankan pada individu sebagai pencetus atau pendorong munculnya tindakan atau perbuatan. Ia juga menunjukkan ketertarikannya pada penyebab munculnya tindakan dan memberikan penjelasan mengapa suatu tindakan dilakukan.

Salah satu karya nya adalah the theory of social and economic organization yang diterjemahkan oleh A.M. Henderson dan T.Person. Nah untuk bagian biodata tentang hari ulang tahun dan dengan siapa Max Weber menjalin hubungan percintaan, anda saya saran kan untuk membaca link Wikipedia tentang Max Weber aja yah :p

Pengertian dan Definisi organisasi 


Orgnisasi dibentuk melalui komunikasi ketika beberapa individu melakukan interaksi satu sama lain untuk mencapai tujuan individu dan tujuan bersama. kemudian proses komunikasi ini menghasilkan berbagai hal seperti terciptanya peran, jaringan komunikasi, kewenangan dan iklim. Lalu apa yang membedakan antara organisasi dan kelompok

Karena keduanya sama-sama sekumpulan orang. Max Weber mengemukakan bahwasannya organisasi adalah suatu sistem kegiatan interpersonal bertujuan yang dirancang untuk mengoordinasikan tugas individu atau a system of purposeful, interpersonal activity designed to coordinate individual task.

Perbedaan penting antara oraganisasi dan kelompok biasa terletak pada adanya birokrasi.

Apakah sebenarnya pengertian Birokrasi Dewasa ini kata birokrasi telah menjadi sebuah kata yang secara tidak sengaja bermakna jelek. ketika kita mendengar kata “birokrasi” akan terbayang di benak kita tentang sekompulan orang yang bekerja dengan lamban, kaku,banyak orang, banyak meja atau sederhananya akan terlintas pengalaman pribadi anda tentang betapa ribet nya hanya untuk mengurus KTP yang terkadang tidak jelas dalam berapa hari ktp itu selesai dan perlu uang pelicin biar prosesnya lebih cepat.

 (https://flic.kr/p/eYSeso)

Birokrasi seharusnya merupakan sosok superhero penjaga, bukanlah iblis pengancam

Pada masa hidupnya, teori birokrasi Max Weber adalah sebuah gagasan yang dipandang sebagai mesin yang efisien, mengagumkan dan dapat diandalkan untuk mencapai tujuan yang diteteapkan.

Birokrasi juga memperkenalkan konsep-konsep keadilan dan kesempatan yang sama sehingga memberikan efek mendalam kepada struktur sosial di banyak negara.

kesimpulan sederhananya, pengertian birokrasi adalah sebuah sistem yang menjamin semua orang mendapat perlakuan dan kesempatan yang sama di dalam suatu oragnisasi itu.

Bagi Max Weber istilah birokrasi tidak dapat dipisahkan dengan istilah rasionalitas. namun faktor apa yang harus dimiliki untuk mewujudkan birokasri rasional. ada tiga faktor atau karakteristik yang harus dimiliki oraganisasi untuk mewujudkan birokrasi rasional yaitu otoritas, spesialisasi dan peraturan.

Otoritas 


Otoritas atau kewengan dibutuhkan sebagai tonggak pertama membangun good bureaucracy karena pada dasarnya manusia mahluk individualis dan mementingkan diri sendiri.

Banyangkan jika di dalam suatu kompi pasukan saat perang tidak terdapat otoritas dan orang yang dipatuhi, maka semua prajurit akan bertindak sesuai kemampuan dan kehendak masing-masing yang pada akhirnya akan menjebabkan tujuan utama atau bersama akan sulit dicapai atau tidak dapat dicapai dan bahkan tujuan pribadi untuk selamat dari musuh pun akan hilang.

Analogi simple tentang pentingnya otoritas dalam sebuah organisasi bisa juga dipahami dalam Film Teenage Ninja Turtle. ^_^

Ketika anda menjadi anggota suatu organisasi makan anda akan setuju untuk untuk mengikuti segala aturan yang menjamin kewenangan atau kekuasaaan yang dimiliki irang-orang tertentu dalam organisasi.

Kemudian otoritas di dalam suatu organisasi harus lah legal yaitu sebuah kepercayaan dan pengakuan yg diberikan kepada sesorang di dalam oraganisasi dan harus diikuti.

Kemudian seorang yang diberi otoritas atau dalam suatu perusahaan disebut atasan juga harus mampu menunjang otoritasnya sendiri dengan cara menyediakan “sumber daya” yang diperlukan yang berada dalam pengelolaannya.

Spesialisasi 

Tonggak kedua dalam membangun birokrasi rasional adalah spesialisasi. spesialisasi berarti pembagian pekerjaan untuk masing-masing atau beberapa individu di dalam suatu oragnisasi atau lebih dikenal dengan istilah job description masing-masing orang di dalam suatu organisasi.

Namun dalam sekala organisasi kecil dan untuk menjaga keharmonisan hubungan antar individu, tetap diperbolehkan untuk saling membantu pekerjaan jika tidak menggangu pekerjaan utama dari masing-masing individu.

Peraturan 

Tonggak utama yang ketiga dalam membangun birokrasi rasional weber adalah peraturan. perturan adalah suatu ketetapan yang sudah ditetapkan sebelumnya dan disepakati demi menjaga keteraturan dan berjalannya pekerjaan sehingga dapat tercapainya tujuan bersama dan individu dalam oraganisasi tersebut.

Adanya peraturan memungkinkan seorang manager dengan jumlah karywan puluhan, ratusan bahkan ribuan untuk mengatur dan mengkoordinirnya.

Setelah kita membahas bersama-sama tentang pengertian birokrasi atau teori birok Max Weber saya pribadi berharap kita semua akan menjadi lebih baik dalam mengelola organisasi kecil kita.

Kemudian pada nantinya ketika mulai membangun organisasi atau bisnis yang besar kita dapat membangunya dengan baik. oh ya semisal ada yang belom puas sama definisi organisasi atau anda salah seorang yang ingen menjadi kaya dengan membaca, lanjutkan membaca tentang artikel-artikel ilmu komunikasi lainnya yah.

Happy Sharing all ^_^
 ............
Apakah kamu masih mempertanyakan jadi untuk apa gunanya memahami konsep birokrasi kalo tetap jasa tidak bisa berubah kelakuan para oknum birokrat bejat di luaran sana?

 yup, merubah satu sistem yg besar dan sudah sangat korup hampir mustahil, tapi menciptakan sistem birokrasi yang sehat ketika anda menjadi owner perusahaan anda atau pemegang tertinggi suatu jabatan, itu sangat mungkin, dan semuanya diawali dari pemahaman dasar kenapa bapak birokrasi dunia maax weber menciptakan konsep birokrasi.
 ............
Jadi sampai di sini semoga kalian gak benci lagi sama kata birokrasi karena sebenarnya yang kalian benci itu ialah oknum birokrat di dalam sistem birokrasi Apa manfaat baca ini?

ya setidaknya kalian tau arti birokrasi itu apa , ciri-ciri, jenis, fungsi dan tujuan birokasi itu diciptakan itu untuk apa, dan semoga nanti pas kalian punya usaha sendiri atau berada di top management, kalian bisa menciptakan sistem birokrasi yang sehat.

*pas baca tulisan diatas gw gak nyangka dulu gw orang nya serius dan lugas wkwkkw, udah ah off dlu ya, kalo mo diskusi corat-coret aja di bawah



3 komentar

  1. PAHAM :) thanks

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas penjabarannya, maaf, mohon izin untuk menggunakan gambar Anda di salah satu postingan saya di https://sinaukon.blogspot.com/2019/02/pentingnya-birokrasi-dan-proses-birokratik.html

    BalasHapus

*Anonymous is a must (eg: tukangtidur,kasurtidur,bantalguling)
**Your special thought is welcome here, but spam? Hell No

SUBSCRIBE

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *