Cara Cerdas Menghadapi Persaingan Bisnis, Dagang atau Usaha | Obrolan Kasur

jangan suka ngajarin orang lain tar jadi saingan Sebuah petuah bijak dari orang tua ku sendiri yang entah kenapa kali ini sulit untuk ku...

YANG DIAJARIN JADI SAINGAN Traditional mindset vs open mindset


jangan suka ngajarin orang lain tar jadi saingan

Sebuah petuah bijak dari orang tua ku sendiri yang entah kenapa kali ini sulit untuk ku terima dan patuhi.
"jangan suka ngajarin orang lain apa yang kamu bisa, nanti jadi saingan bisnis mu sendiri"


Tak kenal maka tak tahu, tak tahu maka tak sayang,
tak ada sayang maka tak ada usaha untuk paham apalagi memaklumi
yang akan ada cuman menghakimi tanpa logika dan hati.


Karena itu JuraganKasur mau kenalan dulu dikit untuk yang kali pertama kesasar di obrolan kasur
kan siapa tau jodoh atau bisa jadi relasi bisnis nantinya :P

Perkenalkan
Nama Pena : JuraganKasur
Status : High Quality Happy single
Pekerjaan : Happy student, happy blogger, happy muslim and happy photographer

Bercita-cita yg salah satunya ingin jadi dosen ilmu komunikasi ketua yayasan sekolah tinggi ilmu komunikasi,tapi untuk saat ini baru kesampean jadi mahasisawa komunikasi yg rajin :)

Selain jadi mahasiswa komunikasi yg rajin, juragan kasur juga suka jadi tukang foto panggilan Freelance Photographer setiap weekend atau hari-hari tertentu yg tanpa sadar sudah dilakoni lebih dari 8 tahun yang lalu.

Sebenernya juragankasur gak kayak orang lain yang emang cinta dan suka sama dunia fotografi dari awal.
Masih inget banget dulu ogah ditambah males kalo diajak ikutan ngejob wedding atau cuman sekedar hunting foto sampe dengan di suatu moment ayah bilang kek ini

"belajar lah motret walaupun gak hobi, kalo kamu punya skill, kamu gak akan terlalu ngemis pekerjaan sama orang lain nantinya, dan anggep aja ini warisan dari ayah"

Terus beliau ngomong lagi

"ya syukur sih bisa dapet kerjaan yg ideal dan sesuai ijazah kamu nantinya, tapi kan kita gak tau pasti masa depan itu kek gimana mangkanya hal terburuk pun harus dipikirkan solusinya dari sekarang"

Sejak saat itu ketika kebanyakan setiap anak SMP MTs bisa kongkow-kongkow malam minggu atau ngedate seharian bareng gebetan, pacar, atau selingkuhan di hari minggunya, itu gak berlaku bagi juragan kasur #sad

Golden Hour

Time goes by, seiring waktu gw malah mulai merasakan manisnya dapet duit dari hasil kerja sendiri kerja bareng ayah si bos dan indahnya hidup ketika bisa ngabantu orang tua sendiri.

Semua terasa hangat kek sinar matahari pagi yang menembus dinginnya embun pagi.

Ya walapun kadang kerja bareng orang tua itu suka ngeselin dan kalo kita lagi adu argumen
kebanyakan harus ngalah karna faktor hirarki anak vs bapak atau pengetahuan vs pengalaman #sad

But I think I'm gonna miss the moment someday
having your dad as a partner in the action :)



Roll FIlm Kamera Analog

Time flies Ketika era kamera analog hijrah ke era digital ternyata kecerdasan gw sangat berguna :P
Di era digitalisasi ini hampir seluruh uruasan pendalaman hardskill yang berbau teknologi kamera dan editing hampir sepenuhnya diserahkan dan dipercayakan kepada gw :)
Si bos sekarang udah lebih banyak focus ke urusan ngatur cashflow aja sekarang.

So Far So Good



Everything is fine, semuanya baik-baik aja namun baru-baru ini ada pertengkaran kecil,
silang pendapat yang terjadi antara gw dan si bos yg (mungkin) sedikit membuat gw jadi sosok anak yg sedikit durhaka gak nurut.


All of sudden

Tiba-tiba aja gw dimarahin dan diocehin plus dituding menciptakan masa depan buruk untuk bisnis yg digeluti keluarga gw selama ini.

"menciptakan kompetitor untuk usaha sendiri"

lalu pas lagi marahain keluarlah kalimat petuah gak tau kenapa agak sulit gw terima
"jangan suka ngajarin orang lain apa yang kamu bisa, nanti jadi saingan bisnis mu sendiri"


!@#$%^

Sebenernya pengen banget langsung ngejawab dan ngebantah tapi.... ya sudah lah

Sekarang cuman berharap dan berdoa punya moment yang pas buat ngobrol santai 4 mata sama si bos. Bisa ngejelasin step by step kenapa sampe ilmu yang dia wariskan ke gw dulu, gw share ke beberapa orang.

Biar gak lupa apa yg nanti pngen gw sampein, gw tulis di mari, dan barangkali bakalan ada manfaatnya buat kalian.


POINT TO ANALYZE


kerja keras kerja cerdas

Here we go guys,

Pertama, tiga orang yang gw ajarin itu bukan orang lain


yang pertama temen deket gw sendiri 
yg udah kek saudara dari zaman kuliah dulu,
dari sma kita satu asrama, kuliah satu kosan, dan sekarang kalo gw ada apa-apa itu anak responnya cepet banget nolongin gw

udah kek saudara lah pokoknya.

dan yg maksa buat ngajarin itu gw, waktu itu tiba2 aja ada yang nawarin dia kamera murah, ngegadein kameranya, terus gw bilang ambil aja, buat hobby sama tar sekalian gw ajarin basic motret untuk acara wedding, mayan kan buat earning tambahan elu nikah,

seru keknya kalo ngejob bareng lu di lapangan, kan minggu juga elu libur kerja jd bisa ada temen gw nya di lapangan pas motret, atau itung2 nambahin tim group foto gw.


yang kedua temen satu kompleks
sama ini anak gw gak terlalu akrab sebenernya tp kita temenan baik kok. dari dulu dia udah tau gw sering motret tapi gak pernah tertarik jadi fotografer, dan kalo pun beberapa tahun ini kita akrab, ya karena gw butuh model untuk latihan motret couple sama beberapa profle anak band, nah dia dengan sabar mau jadi talent tidak berbayar gw.

tapi bukan itu yg melandasi kenapa gw mau ngajari dia, gw cuman inget aja dulu pas mau belajar fotografi dan video editing, ikut komunitas ketemunya malah orang-orang yg pelit dan songong karena udah berasa expert alias dewo.

dan akhirnya otodidak via internet lah jawabannya, bisa tapi dipikiran gw akan lbh menyenangkan punya temen yg bener2 temen yg jadi patner kita belajar apalagi untuk proses awal.

yg ketiga temen di tempat kuliah gw yg sekarang
yg ini emang bukan temen dket, di kampus akrab juga engga ,anaknya dari daerah dan tertarik sama bisnis fotografi

tapi yang gw liat dia suka kebingungan mau mulai belajar ilmu fotografi dari pojok mana dulu, kebanyakan source di internet malah bikin dia sedikit bingung.

gw jadi inget dulu mau belajar basic video editing, nanya kesana kemari, gak terlalu digubris sama beberapa expert, entah karena apa,

mungkin karena gw dari daerah, atau karena menurut menurut mereka otak gw gak mampu, atau karena takut jadi saingan bisnis kali yak.

yg gw lakuin ya tetep berdoa dan baca2 artikel dan postingan di internet, sampe singkat cerita ketemu bapak2 muda, anggep aja namanya curutcyber. gak akrab sama bapak ini, gw cuman sempet kenal pas masih zaman2 suka maen dota di warnet.

nah setelah cerita dikit, ternyata aneh, ini bapak bukan cuman ngajarin, tapi bener-bener melimpahkan ilmunya, dari pengetahuan, software sampe dengan diajak ke beberapa temennya yg lebih jago lagi ngedit video, dan disitu optimisme gw selama ini terbukti,

masih banyak kok orang-orang hebat yang mau berbagi tanpa akut kehilangan dan itu malah membuat dia jadi lebih besar, kita cuman butuh usaha untuk nemuin orang2 itu diatara tumpukan sampah orang-orang songong sok hebat ilmu seiprit itu.

gw gak keluar duit sedikit pun, malah kadang gw yg ngrasa gak enak tiap kali ke rumahnya pas bini nya nyuguhin makan dan gw yg pengagguran waktu itu gak bisa bales apa-apa.

dan gw sempet nanya sama dia kenapa mau ngajarin gw padahal gak ada feedback nya buat dia dan malah bisa jadi saingan?

terus dia bilang kek gini dengan nyantainya,

" nanti kalo anak ku seumuran kamu sekarang, aku berharap kamu bisa ngajarin apa yg aku ajarin sekrang, cuman investasi aja kalo seandainya aku gak ada lagi, atau kalo pun gak ketemu kamu, hidup anak ku dipermudah, ketika dia mau belajar sesuatu dia bakalan dipertemukan sama orang yang bener-bener tulus mau nagajarin dia"

ini harapan sekaligus doa yg ku investasikan melalui tindakan,Sur, dan semoga terkabul.

Sepenggal Kisah Dari Cairo:
Seorang Syekh yang bijak dan lagi alim, berjalan-jalan santai bersama salah seorang di antara murid-muridnya di sebuah taman…
Di tengah-tengah asyik berjalan sambil bercerita,

keduanya melihat sepasang sepatu yang sudah usang lagi lusuh.
Mereka berdua yakin kalau itu adalah sepatu milik pekerja kebun yang bertugas di sana, yang sebentar lagi akan segera menyelesaikan pekerjaannya.

Sang murid melihat kepada syekhnya sambil berujar:
“Bagaimana kalau kita candai tukang kebun ini dengan menyembunyikan sepatunya,
kemudian kita bersembunyi di belakang pohon-pohon? Nanti ketika dia datang untuk memakai sepatunya kembali,
ia akan kehilangannya. Kita lihat bagaimana dia kaget dan cemas!”

Syekh yang alim dan bijak itu menjawab:
“Ananda, tidak pantas kita menghibur diri dengan mengorbankan orang miskin.
Kamu kan seorang yang kaya, dan kamu bisa saja menambah kebahagiaan untuk dirinya.
Sekarang kamu coba memasukkan beberapa lembar uang kertas ke dalam sepatunya,
kemudian kamu saksikan bagaimana respon dari tukang kebun miskin itu”.

Sang murid sangat takjub dengan usulan gurunya. Dia langsung saja berjalan dan memasukkan beberapa lembar uang ke dalam sepatu tukang kebun itu. Setelah itu ia bersembunyi di balik semak-semak bersama gurunya sambil mengintip apa yang akan terjadi dengan tukang kebun.

Tidak beberapa lama datanglah pekerja miskin itu sambil mengibas-ngibaskan kotoran dari pakaiannya.
Dia menuju tempat sepatunya ia tinggalkan sebelum bekerja.

Ketika ia mulai memasukkan kakinya ke dalam sepatu, ia menjadi terperanjat, karena ada sesuatu di dalamnya.
Saat ia keluarkan ternyata…….uang. Dia memeriksa sepatu yang satunya lagi, ternyata juga berisi uang.
Dia memandangi uang itu berulang-ulang, seolah-olah ia tidak percaya dengan penglihatannya.
Setelah ia memutar pandangannya ke segala penjuru ia tidak melihat seorangpun.

Selanjutnya ia memasukkan uang itu ke dalam sakunya, lalu ia berlutut sambil melihat ke langit dan menangis.
Dia berteriak dengan suara tinggi,
seolah-olah ia bicara kepada Allah ar rozzaq :

“Aku bersyukur kepada-Mu wahai Robbku.
Wahai Yang Maha Tahu bahwa istriku lagi sakit dan anak-anakku lagi kelaparan.
Mereka belum mendapatkan makanan hari ini.
Engkau telah menyelamatkanku, anak-anak dan istriku dari celaka”.


Dia terus menangis dalam waktu cukup lama sambil memandangi langit sebagai ungkapan rasa syukurnya
atas karunia dari Allah Yang Maha Pemurah.
Sang murid sangat terharu dengan pemandangan yang ia lihat di balik persembunyiannya.
Air matanya meleleh tanpa dapat ia bendung.

Ketika itu Syekh yang bijak tersebut memasukkan pelajaran kepada muridnya :

“Bukankah sekarang kamu merasakan kebahagiaan yang lebih, dari pada kamu melakukan usulan pertama dengan menyembunyikan sepatu tukang kebun miskin itu?”

Sang murid menjawab:
"Aku sudah mendapatkan pelajaran yang tidak akan mungkin aku lupakan seumur hidupku"
Sekarang aku baru paham makna kalimat yang dulu belum aku pahami sepanjang hidupku:

“Ketika kamu memberi, kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih banyak dari pada kamu mengambil”.
Sang guru melanjutkan pelajarannya.

"Dan sekarang ketahuilah bahwa pemberian itu bermacam-macam :

• Memaafkan kesalahan orang di saat mampu melakukan balas dendam adalah suatu pemberian.
• Mendo’akan temanmu muslim di belakangnya (tanpa sepengatahuannya) itu adalah suatu pemberian.
• Berusaha berbaik sangka dan menghilangkan prasangka buruk darinya juga suatu pemberian.
• Menahan diri dari membicarakan aib saudaramu di belakangnya adalah pemberian lagi.

Ini semua adalah pemberian,
supaya kesempatan memberi tidak dimonopoli oleh orang-orang kaya saja.
Jadikanlah semua ini pelajaran.


Kedua,saingan dagang atau bisnis akan selalu ada dan begitu jg dengan cara cerdas menghadapinya



tanpa gw yang ngajarin pun, mereka akan tetep bisa motret dengan sendirinya, entah itu mereka belajar otodidak atau belajar sama orang lain. Di era internet dan pesatnya berkembangan dunia fotografi saat ini semua orang udah banyak yang bisa menghasilkan foto yang bagus, dan yang namanya kompetitor itu sesuatu yang udah gak akan terelakkan lagi dibidang ini.

yup mau bisnis apa aja saingan itu akan selalu ada, tapi jangan dijadiin masalah juga justru harusnya bersyukur ada saingan jadi kita bisa selalu terpacu Sebenarnya kita tidak perlu pusing memikirkan cara bagaimana mengalahkan saingan dagang atau bisnis karena itu bukanlah masalah.
Jauh sebelum kita memulai bisnis Rasullah sudah mencontohkan bagaimana berbisnis yang baik, ada suatu moment dimana jeruk yang beliau jual tidak semuanya manis, etika pembeli datang, tanpa ragu rasullah memberitahu kondisi jeruknya tanpa dibayang2i oleh perasaan takut dagangannya tidak akan habis.

Mulai lah berdagang dan berbisnis, apapun itu, untuk mencari nafkah dan berkah. Sehingga apa yang dijual adalah sesuatu yang akan bernilai manfaat. hal ini sering kali disebut oleh para marketer handal sebagai customer satisfaction theory, tapi secara sederhana rasullah menyebut hal ini dengan "jadilah pedagang yang jujur". dan yakinlah kadang kata jujur itu seringkali pahit, tapi buah dari kejujuran akan selalu manis adanya.

terus bagaimana kita menyikapi pesaing bisnis dan menghindari persaingan yang tidak sehat


Karena takut kalah dengan kompetitor sebelah, dalam berjualan, berdagang atau melakukan usaha jasa yang lain sering kali kita memfitnah dan mmenjelekkan orang lain dan terlalu melebih-lebihkan produk atau jasa yang kita jual. Sialnya, karena terlalu sibuk bersombong diri dan menjelekkan orang lain kita jadi lupa dengan kata "Inovasi" dan "Upgrade".

Selanjutnya coba baca kisah ini !

Memperpendek garis:
Seorang Guru membuat garis sepanjang 10 cm di atas papan tulis, lalu berkata :

"Anak2, coba perpendek garis ini!"

Anak pertama maju kedepan, ia menghapus 2 cm dari garis itu, sekarang menjadi 8 cm.

Pak Guru mempersilakan anak ke 2.
Iapun melakukan hal yang sama, 'sekarang' garisnya tinggal 6 cm.
Anak ke 3 & ke 4 pun maju kedepan, sekarang garis itu tinggal 2 cm.
Terakhir, anak yang Bijak maju kedepan, ia membuat garis yang lebih panjang, sejajar dengan garis pertama, yang tinggal 2 cm itu.

Sang Guru menepuk bahunya, dan berkata "kau memang bijak"

Untuk membuat garis itu menjadi pendek, tak perlu menghapusnya, cukup membuat garis yang lebih panjang.
Garis pertama akan menjadi lebih pendek degan sendirinya.

Untuk memenangkan Tak perlu mengecilkan yang lain,
Tak usah menjelekan yang lain, karena secara tak langsung,
membicarakan kejelekan yang lain adalah cara tak jujur utk memuji diri sendiri.

Cukup lakukan kebaikan terbaik yang dapat kita lakukan untuk semuanya,
biarkan waktu akan membuktikan kebaikan tersebut

Semoga kita semua dapat mengambil hikmahnya.

yang harus dicermati itu pangsa pasar bisnis fotografi dan videografi itu luas banget kek pangsa pasar perusahaan air minum.asal kita cermat, pangsa pasarnya bisa dikategoriin sesuai budget, passion, lokasi, jenis, dan sekarang foto dan video itu udah mulai beranjak dari kebutuhan sekunder ke kebutuhan primer pada saat event atau acara.


Mayyazrok yahsud, apa yang kamu tanam itu yang kamu tuai


who knows temen yang elu bantu sekarang adalah orang yg bisa ngebantu elu pas lu dimasa sulit di masa mendatang.

atau bisa juga nantinya

mereka jadi fotografer hebat dan  juraganakasur jadi owner studio cuci cetak foto nya. kan hidup ini indah jadinya ketimbang skema nya tar kek gini

"dimana bro, apa kabar, sibuk apa skrang, boleh pinjem duit gak ?
"



Ini argumen dari sudut pandang gw dan gw yakin ayah si bos punya alasan sendiri kenapa sampe marah,dan biasanya sih karena mereka sayang sama kita masalahnya kadang cara komunikasi kita aja yang gak tepat.

Yang sependapat atau ada unek-unek komen aja ga usah pakek takut, yang mager dilanjut aja baca ini gih pengalaman lagi motret dicubit tante-tante



0 komentar

*Anonymous is a must (eg: tukangtidur,kasurtidur,bantalguling)
**Your special thought is welcome here, but spam? Hell No

SUBSCRIBE

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *